Jumat, 22 Maret 2013

My Favorite (Mata Pelajaran) ~ History of Indonesian

PERANG DUNIA II

          Perang Dunia II secara resmi mulai berkecamuk pada tanggal 1 September 1939 sampai tanggal 14 Agustus 1945. Meskipun demikian, ada yang berpendapat bahwa perang sebenarnya sudah dimulai lebih awal, yaitu pada tanggal 1 Maret 1937 ketika Jepang menduduki Manchuria.
       Sampai saat ini, perang ini adalah perang paling dahsyat yang pernah terjadi di muka bumi. Kurang lebih 50.000.000 (lima puluh juta) orang tewas dalam konflik ini. Umumnya dapat dikatakan bahwa peperangan dimulai pada saat pendudukan Jerman di Polandia pada tanggal 1 September 1939, dan berakhir pada tanggal 14 atau 15 Agustus 1945 pada saat Jepang menyerah kepada tentara Amerika Serikat. Perang Dunia II berkecamuk di tiga benua yaitu: Afrika, Asia dan Eropa.
       Meletusnya Perang Dunia II pada dasarnya berkaitan erat dengan

Perang Dunia I, yakni merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I. Perang Dunia I telah mengakibatkan dampak besar bagi dunia, yaitu seperti kehancuran dan kerugian yang sangat besar, krisis perekonomian dunia, serta kematian jutaan jiwa. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mengakhiri Perang Dunia ke I adalah dengan melakukan genjatan senjata dan merancang suatu perjanjian (perjanjian Versailles) untuk mengakhiri Perang Dunia I.
Perjanjian Versailles itu berisi tentang tuntutan sekutu (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Jepang) kepada Jerman untuk:
a)      Menyerahkan daerah kekuasaannya kepada Inggris, Perancis dan Jepang, menanggung ganti rugi perang.
b)      Memperkecil angkatan militer atau perangnya.
c)      Menyerahkan kapal – kapal dagang kepada Inggris, dan
d)      Memberikan wilayah Jerman bagian barat sungai Rhein sebagai jaminan  (selama 15 tahun)     
Akan tetapi, Jerman mengingkari semua kesepakatan dalam perjanjian Versailles tersebut, sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya Perang Dunia ke II pada tahun 1939.
Selain salah satu penyebab Perang Dunia ke II diatas, terjadinya Perang Dunia II yang melibatkan beberapa negara besar dilatarbelakangi oleh beberapa sebab, yakni sebab umum dan khusus.

Sebab - Sebab Umum Meletusnya Perang Dunia II          
1.     Di Bidang Politik
F Gagalnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.
F Adanya politik mencari sekutu (aliansi) dengan munculnya Blok Sekutu (terdiri dari Blok Demokrasi “Perancis, Inggris, Amerika Serikat(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/1a/US_flag_48_stars.svg/22px-US_flag_48_stars.svg.png)” dan Blok Komunis “Rusia”) serta Blok Fasis (Jerman).
F Adanya politik balas dendam (Revanche Idea) yang dilakukan oleh Negara Jerman, dengan tidak diakuinya  perjanjian versailles pada perang dunia  ke I.
F Adanya politik ekspansi (perluasan wilayah) beberapa negara fasis (militer) seperti:
v  Jerman dengan semboyan Jerman Raya (Lebensraum).
v  Italia dengan semboyan Italia Raya (Italia Iradenta) atau (Italia la Prima).
v  Jepang dengan semangat Hakko Ichi-u.

2.    Di Bidang Ekonomi
F Adanya unjuk kekuatan senjata, seperti Inggris menciptakan Royal Air Force (Armada Udara) dan Jerman membuat kapal tempur Bismarck dengan peluru kendali Vergeltung (pembalasan).

3.    Di Bidang Ideologi Pemikiran Dan Demokrasi
F  Timbulnya pertentangan ideologi Fasisme, Naziisme dan Militerisme yang anti demokrasi dengan paham-paham lainnya. Hitler dengan kebesaran Aria, Mussolini dengan kejayaan Julius Caesar zaman Romawi Kuno, dan Jepang yang menganggap sebagai keturunan Amaterasu Omikami.
4.   Perkembangan industri, persenjataan, dan krisis ekonomi dunia (terjadi pada tahun 1929)
Sebab - Sebab Khusus Meletusnya Perang Dunia II
1.      Penyerbuan Jerman terhadap Polandia pada tanggal 1 September 1939.
2.      Penyerbuan negara-negara pendukung LBB, terutama Inggris dan Perancis terhadap Jerman pada tanggal 3 September 1939.
3.      Terjadi penyerbuan yang dilakukan Jepang terhadap Pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada hari Minggu tanggal 7 Desember 1941.

Berbagai pihak yang turut andil dalam berperang dunia II :

A.       Perang Dunia II di Eropa
Perang Dunia II di Eropa dimulai tanggal 1 September 1939 saat Jerman menyerbu atau menguasai (aneksasi) Pelabuhan Danzig (Polandia) yang dianggap sebagai miliknya sebelum Perang Dunia I, Austria, dan daerah Sudeten (Cekoslovakia). Agresi militer Jerman ini dipandang oleh semua pihak sebagai tanda awal mula meletusnya Perang Dunia II di Eropa.
B.       Perang Dunia II di Asia Pasifik.
Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik dimulai tanggal 7 Desember 1941 waktu setempat, ditandai dengan Jepang menyerbu Pangkalan Angkatan Laut milik Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii yang dianggap sebagai saingan yang kuat. Agresi militer yang dilakukan Jepang inilah sebagai tanda meletusnya Perang Dunia ke II di Asia Pasifik.

Akhir Perang
       
Perang berakhir dengan Sekutu mendaratkan pasukan di Pantai Normandia, 6 Juni 1944, Jerman menyerah pada Sekutu Mei 1945 setelah kematian Hitler, tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 Hiroshima dan Nagasaki di bom atom oleh Amerika Serikat, dan pada 14 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu. Setelah Perang Dunia II berakhir, maka negara-negara yang terlibat dalam perang itu, baik yang menang perang maupun yang kalah perang menempuh upaya perdamaian.
Upaya perdamaian itu dilakukan dengan perjanjian perdamaian. Berbagai perjanjian perdamaian yang pernah dilakukan diantaranya Konferensi Postdam, Perjanjian Perdamaian Sekutu dengan : Jepang, Italia, Austria, dan
Hongaria – Bulgaria – Romania – Finlandia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi

             Sample SIM, maaf bukan SIM Umi sendiri ;)             Observasi yang kelompok saya lakukan ini, berdasarkan dari pengalam...